Dalam rangka meningkatkan kerjasama internasional, Program Studi Matematika UNAIR menggelar Guest Lecture di bidang Mathematical Modelling dengan mengundang pembicara dari Ghana, yaitu Prof. Ebeneizer Bonyah. Kesempatan ini merupakan kali kedua Prof. Bonyah hadir secara virtual di Program Studi Matematika UNAIR. Tahun 2021 lalu beliau juga hadir sebagai narasumber webinar dengan topik serupa bersama Dr. Windarto, dosen Program Studi Matematikan UNAIR.

Kegitan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 15 September 2022 ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari mahasiswa S1 Matematika dan S3 MIPA UNAIR. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa dosen Departemen Matematika yang tertarik dengan topik pemodelan matematika.

Acara dibuka dengan sambutan dari wakil dekan 3 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR, Prof. Dr. Fatmawati, M.Si. dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut hadir dan menyukseskan kegiatan ini. Beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar hingga akhir.

Acara ini dipandu oleh Nashrul Millah, M.Siselaku moderator. Karena ketidakstabilan jaringan, maka presentasi Prof. Bonyah ditampilkan dalam bentuk rekaman yang disaksikan oleh seluruh peserta melalui layar zoom. Hal penting yang ditekan kan oleh Prof. Bonyah dalam materinya adalah bagaimana seorang guru dapat mengubah persepsi murid dalam belajar Matematika. “Mathematical modelling is the best solution to change Mathematics from abstract to become clear.” Lebih lanjut beliau menambahkan trik untuk membuat suatu model dengan mangadopsi dan memodifikasi model yang sudah ada, “If you want to make a model of daily problems, just pick any models from some papers. Then modify, reconstruct them based on your own problem.”

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang ditanggapi secara langsung oleh Prof. Bonyah. Antusiasme peserta tampak dengan banyaknya pertanyaan yang masuk. Diskusi berjalan sekitar dua puluh menit hingga acara ditutup oleh moderator.