Pada tanggal 2 November 2024, tim pelaksana pengabdian Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga mengadakan kegiatan microteaching yang bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kabupaten/Kota Mojokerto. Kegiatan yang diikuti oleh guru-guru Matematika di Mojokerto ini merupakan kelanjutan dari pelatihan bertema ”Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengelola Pembelajaran Matematika Berbasis AKM Numerasi” yang diselenggarakan pada 18 September 2024 di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Dua kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Dr. Inna Kuswandari, M.Si.

Kegiatan pertama berbentuk pemaparan materi tentang konsep Pembelajaran Matematika Berbasis AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Numerasi serta bagaimana pendekatan konseptual yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Lebih lanjut pada kesempatan tersebut dijelaskan bahwa untuk mampu “mengorkestrasi” kelas dengan baik seorang guru memerlukan pemahaman yang mendalam tentang materi yang diajarkan, kemampuan merancang dan mengemas materi agar dapat dipahami, dan memiliki khazanah strategi mengajar yang memadai.

Sementara itu pada kegiatan kedua ini para guru Matematika di Kabupaten Mojokerto mempresentasikan modul pembelajaran tentang penguatan numerasi dalam pembelajaran matematika sebagaimana materi yang dipaparkan oleh narasumber yakni Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. pada kegiatan pelatihan. Seminggu sebelum kegiatan microteaching ini para guru telah mengumpulkan tugas berupa modul pembelajaran kontekstual yang dirancang untuk dua jam pelajaran. Tugas yang terkumpul telah ditelaah oleh tim pelaksana pengabdian sebagai bahan masukan bagi para guru. Saat microteaching, tim pelaksana memberikan penilaian dan masukan terhadap modul pembelajaran yang dibuat guru, guna menghasilkan modul yang baik dan relevan untuk meningkatkan pemahaman bagi siswa.

Secara keseluruhan kegiatan microteaching ini dilakukan dalam bentuk pemaparan, diskusi, dan umpan balik hasil penyusunan modul pembelajaran yang telah dikumpulkan oleh peserta. Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Inna Kuswandari, M.Si. dan Dr. Yayuk Wahyuni, M.Si. yang memberi masukan bagaimana menyusun modul pembelajaran matematika berbasis AKM numerasi menggunakan contoh masalah yang kontekstual. Pembelajaran kontekstual ini penting sebagai batu loncatan untuk dapat membantu siswa memahami dan menyelesaikan soal AKM. Lebih jauh dijelaskan masalah kontekstual yang diberikan harus logis dan masuk akal dan dapat dipahami oleh siswa. Sebagai tindak lanjut microteaching ini, guru-guru diminta memperbaiki modul yang telah dibuat berdasarkan hasil telaah tim pelaksana serta masukan dan saran pada sesi diskusi. Diharapkan modul yang dibuat dapat menjadi pemandu bagi guru dalam mengelola pembelajaran di kelas dan dapat didiseminasikan untuk topik-topik lainnya.