Kampus Merdeka merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja sebagai persiapan karir di masa depan. Salah satu program yang ditawarkan oleh kampus merdeka adalah program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB). Rizka Ismi Prastiwi adalah salah satu mahasiswa Matematika Universitas Airlangga yang mengikuti magang kampus merdeka di PT Hacktivate Teknologi Indonesia (Hacktiv8).
Rizka menjalani magang diawali dengan short bootcamp dengan program Digital Marketing di Hacktiv8 selama 1 bulan. Kegiatan ini terdiri atas 10 sesi yang dilaksanakansetiap hari senin dan kamis dengan durasi 3 jam setiap sesinya, yaitu dari pukul 19.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Kegiatan yang dilaksanakan dengan media Google Meet ini dibimbing oleh Nelson Simbolon selaku Digital Marketing Instructor di Hacktiv8. Pada setiap sesi terdapat quiz, challenge, assignment, dan summary yang harus dikumpulkan oleh setiap peserta magang di Google Classroom. Setelah proses pelatihan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan magang di hiring partners selama kurang lebih 5 bulan setiap hari senin sampai jumat dengan jam kerja yang fleksibel berjumlah 8 jam per harinya.
Saat diwawancarai, Rizka menyatakan,”Salah satu tugas peserta magang Digital Marketing adalah membuat konten web sederhana dan optimalisasi dari halaman web sederhana menggunakan WordPress sebagai Content Management System (CMS), Local sebagai free hosting, dan Elementor sebagai plugin.” Pembuatan web sederhana ini didasari oleh bisnis canvas yang peserta magang buat, di mana peserta dibebaskan untuk membuat bisnis model yang bersifat fiktif atau nyata. Kerja magang ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seputar dunia digital marketing yang berfokus pada strategi dan aktivitas sebagai sosial media specialist seperti sosial media management dengan mengelola media sosial. Kegiatan ini juga turut mendukung SDG’s yang berkaitan dengan tujuan untuk memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.
Tugas peserta magang lainnya ialah melakukan market research secara mandiri, sehingga peserta dapat mengetahui potensi pasar dan potensi dari produk / service dari bisnisnya masing-masing. Lalu peserta magang harus mampu menggunakan platform marketing seperti Facebook Ads dan Instagram Ads serta menggunakannya secara optimal untuk menjangkau target pasar dengan efisien. Peserta magang diharapkan mampu menggunakan platform search engine dan merekayasa halaman web agar lebih mudah ditemukan di search engine serta mampu memadukan berbagai platform marketing dan digital asset untuk membangun sebuah marketing journey yang tepat.
Setelah mengikuti kegiatan MBKM ini, Rizka berharap agar proses pelaksanaan program MSIB bisa lebih ditingkatkan lagi dalam beberapa hal yang dapat menunjang kelancaran proses program. Selanjutnya final project pada saat short bootcamp Digital Marketing diubah ke iklan digital, yaitu Facebook Ads dengan biaya yang terjangkau. Hal ini karena materi yang diajarkan pada bootcamp mayoritas adalah tentang Facebook Ads, agar peserta magang dapat menerapkan ilmu yang didapat dengan lebih maksimal.