Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, utamanya di bidang pengabdian masyarakat, Prodi S1 Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR) memberikan pembinaan olimpiade matematika kepada siswa-siswi SMA Assa’adah, Bungah, Gresik. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 6 Oktober 2022 ini diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari siswa kelas XI.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu: pemaparan materi dan sesi diskusi. Sesi pertama adalah pemaparan materi oleh Muchammad Yusuf Syaifuddin, S.Si., M.Si, dosen Prodi S1 Matematika FST UNAIR bidang Analisis. Beliau menjelaskan mengenai Prinsip Inklusif-Eksklusif dengan menunjukkan beberapa teorema dan contoh soal yang berkaitan dengan topik tersebut.

Selanjutnya sesi kedua adalah diskusi. Sesi diskusi ini dipandu oleh tiga dosen yaitu Muchammad Yusuf Syaifuddin, S.Si., M.Si., Muhammadun, S.Si., M.Si., dan Bustomi, S.Si., M.Si. Pada sesi ini, para peserta diberikan beberapa latihan soal yang kemudian didiskusikan bersama.

Para pemateri menjelaskan dengan runtut agar para peserta dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan. Secara keseluruhan, kegiatan pembinaan olimpiade ini berjalan secara lancar dan interaktif dengan adanya diskusi antara pemateri dan peserta.

Kegiatan semacam ini diharapkan dapat terus berlanjut sebagai wujud komitmen Prodi S1 Matematika FST UNAIR dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) dengan berkontribusi meningkatkan kemampuan siswa-siswi di bidang olimpiade, khususnya bagi sekolah-sekolah berkembang di area Surabaya, Gresik, dan sekitarnya.