Pada tanggal 9 Oktober 2024, Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (Unair) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kabupaten Blora menyelenggarakan kegiatan MicroTeaching. Acara ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2024, dan berfokus pada implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi.

Kegiatan pertama yang digelar pada Juli 2024 berbentuk pemaparan materi oleh dosen-dosen Program Studi Matematika FST Unair. Pemaparan tersebut membahas tentang konsep Pembelajaran Matematika Berbasis AKM Numerasi dan bagaimana metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Para guru dari MGMP Matematika Kabupaten Blora mendapatkan wawasan baru mengenai strategi pengajaran yang lebih relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini.

Pada kegiatan kedua yang berlangsung Oktober ini, para guru dari MGMP Matematika Kabupaten Blora mempresentasikan soal-soal yang telah mereka buat berdasarkan materi yang dipaparkan pada pertemuan sebelumnya. Para dosen dari Unair berperan aktif dalam memberikan penilaian dan masukan terhadap soal-soal tersebut, guna memastikan kualitas soal sesuai dengan standar AKM Numerasi yang diharapkan.

Kegiatan MicroTeaching di SMA Negeri 1 Blora, dihadiri Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Blora, Pengawas SMA Kabupaten Blora, dan Ketua MGM Matematika Kabpupaten Blora. Pengawas SMA Kabupaten Blora, Bapak Drs. Slamet Setya Budi, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan dan berharap “Kerjasama dengan Perguruan Tinggi, khususnya Universitas Airlangga selain bidang Matematika dapat berlanjut untuk bidang bidang yang lain, seperti Fisika, Kimia dan Biologi”. Sementara Ibu kepala Sekolah SMA Negeri 1 Blora Dra. Yuni Ni’wati, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan “Bapak/Ibu Guru memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat soal-soal AKM Numerasi”. Selain itu Ibu Kepala Sekolah juga berharap “Kegiatan ini bisa membuka jalur agar semakin banyak siswa dari Blora yang bisa melanjutkan studi di Universitas Airlangga”.

Kegiatan MicroTeaching ini dilakukan dalam abentuk pemaparan, diskusi, dan umpan balik hasil penyusunan soal yang telah dikumpulkan oleh peserta. Kegiatan ini di bagi dalam dua kelompok, yaitu Kelompok A yang di pandu oleh Dr. Yayuk Wahyuni, M.Si dan kelompok B yang di pandu oleh Dr. Inna Kuswandari, M.Si. Kedua pemandu tersebut menyampaikan pentingnya orisinalitas soal AKM yang dibuat, dan soal yang realitis sesuai dengan kenyataan yang ada.

Kegiatan Microteaching ini merupakan akhir dari serangkaian Kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMA Kabupaten Blora yang di ketuai oleh Drs. Edi Winarko M.Cs akan menghasilkan sebuah Buku kumpulan Soal AKM ber ISBN yang dibuat oleh Bapak/Ibu Guru SMA se Kabupaten Blora setelah soal-soal yang terkumpul di telaah ulang dan di sesuaikan format buku.