Sebanyak 43 orang guru Matematika SMA negeri dan swasta Kabupaten Blora Jawa Tengah berkesempatan mengikuti pelatihan penyusunan soal AKM Numerasi. Pelatihan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Randublatung Blora pada Rabu, 31 Juli 2024.

Pelatihan tersebut terlaksana berkat kerjasama Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kabupaten Blora dalam skema kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi”.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Blora, Budi Santosa S.Pd, M.Pd, M.Si, dalam sambutannya sekaligus membuka acara, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Harapan beliau, “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memicu bapak/ibu guru matematika untuk dapat memberikan pengajaran matematika secara lebih baik sehingga matematika tidak lagi menjadi pembelajaran yang menakutkan”.

Di lain pihak, Siti Hamamatul Mar’ati, S.Si selaku Kepala SMA Negeri 1 Randublatung Blora menyampaikan harapan agar kerjasama Unair dengana MGMP dapat menjadi tonggak untuk kerjasama berikutnya, baik untuk bidang matematika maupun bidang mata pelajaran yang lain. Selain itu juga diharapkan dapat memacu atensi siswa SMA khususnya SMAN 1 Randublatung untuk melanjutkan studi di Universitas Airlangga.

Narasumber kegiatan ini, Abdul Haris Rosyidi, S.Pd, M.Pd, membedah filosofi dan teknis bagaimana memberikan pembelajaran yang menarik sehingga matematika dapat membangkitkan tata nalar dan menjadi bahasa logika yang sangat berperan dalam pembentukan pola pikir siswa. Dalam pembelajaran matematika diperlukan motivasi dan pemantik agar siswa termotivasi dan menjadi fokus mengikuti pembelajaran hingga akhir, begitu kata Abdul Haris Rosyidi, S.Pd, M.Pd. Soal-soal literasi matematika atau AKM numerasi menjadi salah satu alat untuk mencapai hal tersebt.

Pelatihan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan ketua Drs. Edi Winarko M.Cs ini masih akan disambung dengan kegiatan berikutnya berupa penugasan kepada peserta pelatihan untuk menyusun soal AKM sesuai paparan pada pelatihan. Selanjutnya soal akan ditelaah oleh tim pengabdi masyarakat dan diakhiri dengan kegiatan microteaching berupa pemaparan, diskusi, dan umpan balik hasil penyusunan soal.