Program studi Matematika memiliki empat Kelompok Bidang Keahlian (KBK), yaitu: Aljabar, Analisis. Riset Operasi dan Komputasi (ROK), dan Pemodelan Sistem (PS). Dalam menjalankan perkuliahan, mahasiswa diarahkan untuk memilih bidang minat sesuai dengan minat dan bakatnya. Pemilihan bidang minat ini akan mempengaruhi kewajiban mahasiswa untuk mengambil mata kuliah pilihan dan memilih topik pada penelitian tugas akhir. Ketimpangan terjadi pada jumlah mahasiswa yang berminat pada masing-masing bidang minat. Mahasiswa cenderung lebih berminat kepada bidang matematika terapan, yaitu: ROK dan PS, dibanding bidang matematika murni, yaitu: Aljabar dan Analisis. Ketimpangan ini muncul karena kecenderungan mahasiswa yang menganggap bahwa bidang matematika murni terkesan abstrak dan sulit untuk difahami. Berbeda dengan matematika terapan yang langsung dikaitkan dengan permasalahan sehari-hari sehingga lebih mudah difahami.

Menghadapi hal ini, prodi Matematika UNAIR berinisiatif membuat acara Bincang Matematika yang telah dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Juli 2021. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa hal-hal yang menarik terkait Matematika, terutama Matematika Murni. Bincang Matematika dibuka dengan sambutan Dr. Herry Suprajitno, M.Si, Kaprodi Matematika UNAIR. Dilanjutkan dengan paparan singkat materi terkait penerapan ilmu Matematika. Salah satunya yang disampaikan oleh Ray Novita Yasa, S.Si., M.Si, dosen politeknik Siber dan Sandi Negara, yang menjadi salah satu narasumber pada acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Ray membahas salah satu bidang ilmu Matematika yang memiliki peran sangat penting untuk keamanan nasional, terutama yang berkaitan dengan data digital, yaitu Kriptologi. Kriptologi mempelajari kriptografi dan kriptanalisis. Kriptografi adalah teknik enkripsi naskah asli (plaintext) yang diacak memanfaatkan sebuah kunci enkripsi sehingga naskah asli tersebut berubah menjadi naskah yang sulit dibaca (chipertext) oleh pihak yang tidak memiliki kunci dekripsi, sedangkan kriptanalisis adalah teknik untuk memecahkan data yang disandikan. Dalam mempelajari ilmu ini diperlukan pemahaman Matematika yang kuat, seperti Matematika Dasar, Statistika Dasar, Aljabar Linier Elementer, Teori Bilangan, Matematika Diskrit, Teori Peluang, Teori Matriks, Struktur Aljabar 1 dan 2, Matematika Komputasi, dan Teori Pengkodean. Salah satu penerapan kriptografi dapat dilihat pada digital signature atau pembuatan tandatangan digital.

Materi lain yang disampaikan pada acara Bincang Matematika berkaitan dengan bidang minat yang ada di Prodi Matematika. Berbeda dengan materi sebelumnya, materi bidang minat disampaikan dengan konsep sharing oleh alumni Prodi Matematika UNAIR, yaitu: Inneke dari bidang ROK, Farrel dari bidang PS, dan Ratna dari bidang Aljabar. Untuk bidang analisis, disampaikan oleh Annisa, dosen Institut Teknologi Kalimantan (ITK) sekaligus alumni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Pada kesempatan itu, keempat narasumber menceritakan motivasi mereka memilih bidang minat masing-masing, pengalaman mengerjakan skripsi, dan bagaimana bidang minat tersebut mempengaruhi kehidupan pasca kampus. Secara umum, mereka berpendapat bahwa jenis bidang minat saat kuliah tidak terlalu mempengaruhi karir pasca kampus mereka. Pelajaran berharga selama kuliah yang sangat bermanfaat bagi mereka di dunia kerja adalah kemampuan dalam menganalisis masalah dan berfikir sistematis yang telah terasah selama proses perkuliahan di prodi Matematika.

Acara ini turut dimeriahkan dengan berbagai pertanyaan dari para peserta yang kebanyakan masih galau memilih bidang minat di Prodi Matematika. Melalui acara ini, mereka lantas mendapatkan gambaran terkait setiap bidang minat di Prodi Matematika, sehingga membantu mereka dalam menentukan bidang minat yang akan diambil. Acara yang dimoderatori oleh Nashrul Millah, dosen Prodi Matematika UNAIR ini ditutup dengan paparan terkait fasilitas penunjang penelitian yang disediakan oleh UNAIR melalui Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) dan sosialisasi database jurnal dan paper sebagai bahan referensi mahasiswa dalam memilih topik penelitian di tiap bidang minat. Rekaman acara ini juga dapat diakses melalui akun Youtube Matematika Unair Official pada link https://www.youtube.com/watch?v=9NyL8uFRLE4&t=5434s