Kegiatan yang bersifat Internasional merupakan salah satu aspek yang penting guna meningkatkan rangking Universitas Airlangga di tingkat internasional. Salah satunya berupa kerjasama baik di bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Kerjasama di bidang pendidikan dapat diwujudkan, salah satunya, dengan mengadakan webinar atau kuliah tamu yang melibatkan narasumber atau peserta dari luar negeri.

Setelah sukses mengadakan webinar di bidang Theory Graph yang dihadiri oleh peserta dari beberapa perguruan tinggi dalam dan luar negeri, Prodi Matematika kembali mengadakan kegiatan kuliah tamu dengan mengundang pembicara dari Institute for Ground Water studies,  Faculty of Natural and Agricultural Sciences, University of the Free state South Africa, Dr. Muhammad Altaf Khan. Kegiatan kuliah tamu ini dilaksanakan untuk mengisi perkuliahan Kapita Selekta Matematika Terapan yang diadakan pada hari Kamis, 16 september 2021. Ini merupakan kali kedua Dr. Khan mengisi kuliah tamu di Prodi Matematika. Sebelumnya beliau juga pernah mengisi kuliah tamu di perkuliahan Permodelan Matematika pada bulan Juni lalu.

Kuliah tamu diawali dengan kata pengantar dari pengampu mata kuliah Kapita Selekta Matematika terapan, Dr. Fatmawati, dosen Prodi Matematika UNAIR. Pada kesempatan kali ini, Dr. Khan mengambil topik Global stability of the dynamical system. Beliau memaparkan teori yang berkaitan dengan penentuan kestabilan titik kesetimbangan pada sistem dinamik, dimana penentuan kestabilannya dilakukan dengan mengonstruksi suatu fungsi yang disebut fungsi Lyapunov. Dr. Khan juga mengambil contoh penerapan teori ini untuk menentukan kestabilan sistem dinamik pada model penyebaran penyakit Covid-19 dan kolera yang merupakan bagian dari penelitian beliau.

Kuliah tamu ini berjalan sekitar 100 menit dengan diakhiri sesi tanya jawab. Kedepannya, kegiatan semacam ini diharapkan dapat sering diadakan guna meningatkatkan kualitas Universitas Airlangga, khususnya prodi Matematika. Selain dapat menjalin hubungan yang baik dengan partner luar negeri, kegiatan semacam ini dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa sehingga dapat merasakan iklim pembelajaran tingkat internasional. Dengan demikian, mahasiswa akan lebih mudah beradaptasi ketika melanjutkan pendidikan ke luar negeri.