Dalam rangka turut meningkatkan internasionalisasi Universitas Airlangga, Prodi Matematika menyelenggarakan rangkaian Guest Lecture dengan mengundang narasumber dari Universitas TOP luar negeri. Kegiatan ini juga sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif bagi mahasiswa. Di samping memberikan pengetahuan dan pengalaman belajar yang baru, kegiatan guest lecture dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa asing.

Mengangkat tema “Protecting Data Beyond Perimeter Security”, kegiatan guest lecture diselenggarakan secara luring di ruang sidang FST. Tampil sebagai narasumber adalah Martianus Frederic Ezerman, Ph.D., adjunct professor SPM Nanyang Technological University, Singapore sekaligus CEO and resident cryptographer, Sandhiguna.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Senin, 12 Juni 2023 ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Departemen Matematika yang terdiri atas Prodi Matematika, Statistika, dan Sistem Informasi. Dalam kesempatan ini, narasumber juga menyampaikan peluang-peluang kerja di perusahaan beliau.

Di akhir acara, Ketua Departemen Matematika, Dr. Herry Suprajitno, M.Si. menyampaikan kenang-kenangan kepada narasumber serta berharap kegiatan Guest Lecture ini bisa menjadi awal kerjasama di antara kedua pihak. Sehingga kedepannya dapat terjalin hubungan yang baik dan berlanjut dengan berbagai kegiatan tridharma yang lain.